Saya sudah memiliki bank data, baik sekolah maupun perusahaan tapi belum menjamin berhasil sebagai marketing. Mengapa? Bank data berisi ratusan sekolah atau perusahaan berikut alamatnya. Apakah kita akan mendatangi semuanya? Tentu saja tidak. Kita harus memilih atau menseleksi data-data tersebut. Bagaimana caranya? Kriteria apa yang dipakai?
Saya biasanya menseleksi berdasarkan: (1) tingkat sekolah, misalnya ada TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi. Misalnya kita tentukan tingkat SD, maka kita akan menemukan ada SD Negeri, SD Swasta, SD Islam Terpadu, MI, MIN. Misalnya kita tentukan dua saja yaitu SDS dan SDIT. Mengapa? Saat ini hanya sekolah swasta yang boleh memungut uang untuk kegiatan study tour. Ada sekolah negeri tetapi tidak banyak, kalaupun ada bisa dimasukkan kemudian. (2) Kelompokkan berdasarkan jalan atau desa/kecamatan, agar saat kanvasing lebih efektif. (3) Sekolah yang pernah berkunjung sebelumnya, setahun lalu, dua tahun lalu, dst. (4) Sekolah yang pernah pesan atau order tapi batal berkunjung.
Dari empat kriteria itu saya akan mendapatkan prospek dan selanjutnya secara bertahap saya kunjungi.
Bagaimana menurut pengalaman anda?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar