Jumat, 20 November 2009

Mengapa orang gak mau beli sesuatu dalam gelap?

Jika ada orang yang mau beli sesuatu, maka sesuatu  yang dibelinya itu harus jelas.  Maksudnya, ciri-ciri sesuatu  itu, sifatnya, ciri khusus, dan sebagainya.  Orang gak mungkin beli sesuatu dalam gelap, karena orang gak mungkin hanya cukup mendapat penjelasan dari penjual atau meraba-raba dalam kegelapan.  Jadi orang yang akan membeli harus melihat yang akan dibelinya !
Ketika saya menawarkan film di teater imax Keong Emas, maka saya mengundang calon pengunjung (diwakili oleh pimpinan rombongan/ guru yang ditunjuk/ kepala sekolah) untuk datang ke keong emas, dan menyaksikan film secara gratis.  Jadi pimpinan rombongan dapat menceritakan film yang ada dan mengambil keputusan cocok tidaknya dengan program kunjungan mereka yang akan datang.
Begitu pula dengan kebutuhan akan makan siang.  Produk cepat saji seperti Mc D sudah dikenal dan tidak perlu diberikan sample, tapi untuk produk makanan tertentu beserta variasinya harus diberikan sample.  Misalnya untuk rombongan yang menginginkan masakan padang.   Memang  banyak rumah makan padang di Jakarta ini, dan sudah pasti pimpinan rombongan sudah merasakan masakan padang, tapi untuk meyakinkan masakan padang dengan nama tertentu (misal Masakan Padang Sederhana), sebaiknya diberikan sample.  Satu paket box bisa berisi ayam goreng, sayur, buah, dan minuman.  Atau rendang, ayam bakar, dan sebagainya.

Untuk sample sebaiknya diberikan secara gratis.  Dipersilakan ketua rombongan untuk melihat menu dan mencicipinya.  Setelah yakin dengan menu yang dipilih, maka biasanya pimpinan rombongan akan memesan menu tertentu beserta jumlahnya dengan harga yang disepakati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar